Beranda Bito Sadei Warga Keluhkan Suara Petasan

Warga Keluhkan Suara Petasan

292
Terlihat sejumlah anak-anak dengan masih bebasnya bermain petasan di depan masjid Jami' Pasar Muara Aman Kecamatan Lebong Utara.

LEBONG – Suasana khusyuk dalam menjalankan ibadah salat tarawih yang dilaksanakan di masjid maupun dirumah sangat diharapkan oleh warga yang melaksanakannya. Namun tampaknya kondisi itu belum bisa sepenuhnya terjadi karena masih banyak warga yang bermain petasan. Suara dari ledakan petasan itupun dinilai mengganggu umat muslim dalam menjalankan salat tarawih.

Seperti yang dikeluhkan oleh salah satu warga Kelurahan Amen Kecamatan Amen, Mardiana (28). Biasanya selepas magrib remaja sekitar mulai bermain petasan sambil menunggu waktu salat tarawih. Bahkan ada yang tetap menghidupkan petasan saat salat tarawih dimulai.

“Tentunya hal itu sangat mengganggu orang yang sedang menjalankan iadah,” keluhnya.

Kondisi itu juga menganggu kenyamanan warga lainnya. Apalagi bagi masyarakat yang erusia lanjut dan memiliki balita.

“Bagaimana kalau ada yang punya penyakit jantung, kan bisa mengancam nyawa. Mereka biasanya baru bubar saat ditegur aparat polisi yang patroli. Tapi besok-besoknya pasti kembali diulang,” tambahnya.

Ia berharap pihak kepolisian bersama pihak lainnya bisa menertibkan para penjual petasan. Hal tersebut agar pelaksanaan ibadah sholat tarawih bisa berjalan dengan lancar dan memberikan kenyamanan kepada warga lainnya.

“Kita harap Polisi bisa menyita petasan agar tidak ada lagi petasan yang beredar dipasaran,” singkatnya. (bye)