Beranda Nasional Waspada, Beredar Upal Pecahan Rp 100 Ribu

Waspada, Beredar Upal Pecahan Rp 100 Ribu

279
ilustrasi upal

LEBONG – Belum lama ini, salah satu warga Desa Suka Bumi Kecamatan Lebong Sakti mendapatkan adanya uang palsu (upal) pecahan Rp 100 ribu. Hal ini baru diketahui warga saat akan membeli BBM pada SPBU Lebong yang menyatakan jika satu lembar uang pecahan Rp 100 ribu yang diserahkan warga tersebut adalah palsu.
Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur, SIK melalui Kapolsek Lebong Tengah Iptu Kuat Santosa, SH, mengaku telah menerima laporan tersebut dari salah satu warga Desa Suka Bumi yang juga merupakan pemilik toko manisan di desa tersebut.
Dari laporan yang diterima pihaknya, kejadian ini terungkap saat korban hendak membeli BBM jenis pertalite di SPBU Lebong. Namun, saat menyerahkan uang ternyata dari 12 lembar uang pecahan Rp 100 yang diserahkan korban kepada petugas SPBU di Lebong ini didapati satu lembar diantaranya adalah palsu.
“Saat dicek warna pada uang tersebut sudah pudar. Kemudian petugas SPBU mengembalikan uang itu kepada warga tadi. Dan yang bersangkutan melaporkan kejadian ini kepada kita,” ujarnya.
Terkait dengan kejadian ini, dirinya pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Lebong khususnya dalam wilayah hukum Polsek Lebong Tengah agar berhati-hati saat menerima uang dari pihak manapun. Pastikan lebih dulu keaslian uang tersebut dengan cara memperhatikan warna pada lembaran uang yang diterima, mengecek gambar yang tersembunyi pada uang atau dengan cara dilihat, diraba dan diterawang (3D).
“Kami mengimbau kepada warga untuk berhati-hati terhadap peredaran upal ini, bila perlu sebelum diterima uang tersebut dicek dulu keasliannya, agar tidak tertipu. Kepada pemilik warung, ada baiknya memiliki alat sinar ultaviolet yang dapat membedakan uang asli dan uang palsu,” singkatnya. (arp)