Beranda Nasional Waspada DBD Saat Musim Hujan

Waspada DBD Saat Musim Hujan

296
Fogging yang dilakukan petugas kesehatan guna memutus penyebaran penyakit DBD di Lebong.

LEBONG – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong, Rachman, SKM, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang berpotensi meningkat hingga akhir tahun mendatang. Mengingat saat ini sudah mulai sering turun hujan sehingga berpotensi demam berdarah mengalami peningkatan lagi.
“Disamping Covid-19, memasuki musim pancaroba saat ini kita mengajak masyarakat untuk mewaspadai potensi meningkatnya penyakit DBD di Lebong. Apalagi, hingga saat ini tercatat sudah ada sebanyak 109 kasus DBD yang terjadi sejak awal tahun hingga saat ini,” kata Rachman.
Menurutnya, demam berdarah mengalami peningkatan saat musim hujan karena banyak genangan air yang dijadikan tempat untuk nyamuk berkembang biak. Karena itu, pihaknya mengingatkan masyarakat untuk waspada dengan demam berdarah dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk melalui kegiatan 3M Plus.
“Yakni menguras air pada bak seminggu sekali, menutup tempat yang dapat menampung air, menyingkirkan benda yang memungkinkan air tergenang yang berpotensi berkembang biak nyamuk penyebab demam berdarah,” lanjutnya.
Kemudian, menaburkan larvasida guna membrantas jentik nyamuk yang ada pada tempat penampungan air merupakan bagian dari 3M Plus. Sedangkan fogging atau pengasapan fungsinya hanya untuk memberantas nyamuk dewasa. Sedangkan untuk pemberantasan jentik nyamuk harus dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan, penyakit demam berdarah dengue merupakan penyakit berbasis lingkungan.
“Kebersihan linkungan sangat menentukan untuk meminimalisir terjadi peningkatan kasus DBD ini. Penyakit ini sangat berbahaya, jika lamban ditangani bisa korban meninggal dunia,” singkatnya. (wlk)