Beranda Hukum Wow…Kejari Minta Hibah Rp 6,6 M ke Pemkab

Wow…Kejari Minta Hibah Rp 6,6 M ke Pemkab

761
Sebelum Serahterima ke Pemkab Lebong, 11 BMN Milik BPPW Akan Dicek
Kabid Aset BKD Lebong, Rizka Putra Utama, SE, M.Si.

LEBONG – Sebagai lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan, kejaksaan harus melaksanakan fungsi, tugas, dan wewenangnya secara merdeka, terlepas dari pengaruh kekuasaan pemerintah dan pengaruh kekuasaan lainnya seperti yang disebutkan dalam amanat pasal 2 ayat 2 UU Nomor 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan RI, Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong meminta hibah ke Pemkab Lebong dengan alasan untuk mendukung penyelenggaran tugas dan fungsi Kejari Lebong dalam melakukan pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD). Tak tanggung-tanggung, hibah yang diminta Kejari ke Pemkab Lebong ini mencapai sebesar Rp 6,6 miliar.
Plt. Kepala BKD Lebong, Erik Rosadi, SSTP, M.Si, melalui Kabid Aset, Rizka Putra Utama, M.Si, dikonfirmasi belum lama ini mengaku telah menerima surat permintaan hibah dari Kejari Lebong tertanggal 3 Juni 2021 yang lalu, dalam surat yang ditujukan kepada Bupati Lebong ini menyebutkan bahwa untuk mendukung penyelenggaran tugas dan fungsi Kejari Lebong dalam melakukan pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD).
“Tahun 2019 Pemkab telah memberikan hibah ke Kejari Lebong senilai Rp 4,9 miliar berupa bangunan gedung dan peralatan mesin,” katanya.
Meski demikian, karena permintaan hibah tersebut diatas Rp 5 miliar, hal ini menunggu persetujuan dari DPRD Lebong.
“Aturannya seperti itu, jika nilainya diatas Rp 5 miliar maka bisa dilakukan setelah mendapat persetujuan DPRD. Dan informasinya, hal ini sudah masuk dalam agenda rapat paripurna yang akan dilaksanakan oleh dewan,” tandasnya. (dap)