Beranda Bito Sadei Yuk Salurkan Zakat Lewat Amil Zakat

Yuk Salurkan Zakat Lewat Amil Zakat

7
Yuk Salurkan Zakat Lewat Amil Zakat
ilustrasi zakat.foto internet

LEBONG TENGAH, radarlebong,com – Yuk salurkan zakat lewat Amil Zakat. Imbauan tersebut, disampaikan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Mulyan Perdana, SH menyarankan masyarakat agar tidak menyalurkan zakat langsung kepada masyarakat penerima, melainkan kepada panitia atau amil zakat yang sudah terbentuk di desa masing-masing.

Menurutnya, hal tersebut adalah upaya dari pemerintah untuk menyamaratakan penerima zakat nantinya. Sebab jika tidak terkontrol, bisa jadi terjadi kecemburuan sosial di antara penerima zakat itu sendiri.

“Apalagi zakat masyarakat tertumpuk di satu penerima, sedangkan yang lainnya hanya menerima sedikit saja, padahal masuk dan justru layak sebagai penerima zakat,” ungkapnya.

Baca Juga : Zakat Fitrah Tertinggi Rp 33 Ribu, Terendah Rp 24 Ribu

Justru itulah, adanya panitia yang dibentuk oleh perangkat agama desa maupun pemerintahan desa. Sehingga nanti penyaluran zakat dapat lebih merata dan teratur. Dan di harapkan, tidak ada kecemburuan diantara penerima zakat.

“Namun kembali lagi, kalaupun masyarakat mau memberikan zakatnya langsung kepada masyarakat, sah dan wajar saja. Namun kembali kita minta agar masyarakat mengupayakan agar zakat itu diberikan kepada panitia saja,” tutupnya.

Sementara itu, saat ini pihaknya belum mengetahui berapa besaran zakat yang telah terkumpul kepada amil zakat. Laporan itu, nantinya akan pihaknya terima pasca lebaran.

“Laporannya itu setelah lebaran, itu juga nanti akan kita laporkan ke Kemenag Lebong,” singkatnya. (pry)