Beranda Nasional Zakat Fitrah Tertinggi Rp 35 Ribu, Terendah Rp 19 Ribu

Zakat Fitrah Tertinggi Rp 35 Ribu, Terendah Rp 19 Ribu

289
Kemenag dan Pemkab Lebong menggelar rapat penetapan zakat fitrah tahun 2021.

LEBONG – Berdasarkan hasil rapat penetapan zakat fitrah tahun 2021 yang dilaksanakan Kemenag dan Pemkab Lebong kemarin, ditetapkan zakat fitrah tertinggi adalah sebesar Rp 35 ribu dan terendah sebesar Rp 19 ribu. Penetapan besaran zakat fitrah ini diklasifikasikan sesuai dengan harga beras yang dikonsumsi masyarakat.
Kepala Kemenag Lebong, H. Heriansyah, S.Ag, MH, mengungkapkan zakat fitrah ini ditetapkan sesuai dengan tipelogi beras yang biasa dikonsumsi masyarakat sehari-hari. Diantaranya, pertama zakat fitra sebesar Rp 35 ribu perjiwa untuk konsumsi beras kualitas premium, Rp 21 ribu perjiwa untuk konsumsi beras kualitas beras lokal dan Rp 19.000 perjiwa untuk konsumsi beras kualitas sokan.
“Untuk perbandingan, zakat fitrah tahun lalu sebesar Rp 31 ribu perjiwa untuk konsumsi beras kualitas premium, Rp 25 ribu perjiwa untuk beras kualitas beras sedang, dan Rp 20 ribu perjiwa untuk beras kualitas rendah. Untuk zakat tahun ini, kadar timbangan beras yakni 2,5 Kg atau setara dengan 10 canting beras,” ungkapnya.
Selain itu, lanjutnya, penetapan nilai zakat fitrah ini untuk menciptakan keseragaman nilai zakat fitra, baik berupa makanan pokok (beras) maupun uang untuk wilayah Kabupaten Lebong. Dari hasil kesepakatan bersama rapat besaran nilai zakat fitrah mengalami kenaikan jika di bandingkan dengan tahun sebelumnya.
“Ketetapan ini akan segera kita sampaikan kepada seluruh KUA dalam Kabupaten Lebong termasuk juga panitia penerima zakat fitrah,” kata Heriansyah.
Pembayaran zakat fitrah ini bisa dilakukan di masjid, desa, kelurahan masing-masing dan disalurkan kepada yang berhak menerima berdasarkan aturan zakat. Paling lambat pembayaran zakat fitrah ini dilakukan sebelum shalat Idul Fitri 1442 H mendatang.
“Namun, mengingat kondisi pandemi Covid-19 kita berharap pembayaran zakat fitrah ini bisa segera dilaksanakan, agar bisa disalurkan kepada yang berhak menerima,” singkatnya.
Sementara itu, rapat penetapan zakat fitrah ini kemarin juga dihadiri oleh Asisten II Setdakab Lebong, Kasi Bimas Islam, Kabag Kesra, Basnaz, Disperindagkop dan UKM, Kepala KUA se-Kabupaten Lebong, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat. (wlk)